Buletin Pembelajaran

Buletin Pembelajaran (Edisi 1)

Selamat berjumpa kembali, pembaca yang budiman.
Kata “kembali” dalam sapaan di atas perlu digarisbawahi. Buletin yang sedang Anda baca ini tidak lain dari kelanjutan Berita Pembelajaran yang telah menemui Anda dalam tiga tahun terakhir ini. Sejalan dengan perubahan struktur di ITB, penerbitan Berita Pembelajaran yang selama ini dipegang oleh Komisi Pembelajaran dialihkan kepada Lembaga Pengkajian Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP4). Untuk menunjukkan cakupan yang lebih luas, nama penerbitan ini diganti menjadi Buletin Pembelajaran.

Dalam edisi kali ini, Dr. Budi Rahardjo berbagi pengalaman beliau mengelola perkuliahan dengan Blended Learning. Porsi berita cukup banyak kali ini. Prof. Bambang Riyanto memperkenalkan LP4 yang beliau pimpin sebagai sebuah unit baru di ITB. Dr. Megawati Santoso meneruskan berita gembira berupa keberhasilan ITB memenangkan hibah I-MHERE dari Dikti. Kemudian, kami sampaikan daftar pemenang Hibah Inovasi Pengajaran dan Hibah Penulisan Buku Ajar 2010. Resensi buku Talent is Overrated menutup perjumpaan kita kali ini.

Sebagaimana Berita Pembelajaran terdahulu, Buletin juga mengundang pembaca untuk memberikan sumbangan tulisan. Naskah tulisan berisi gagasan dan pengalaman pembaca dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran dapat dikirimkan melalui e-mail ke alamat fitri@pusat.itb.ac.id. Redaksi juga akan sangat menghargai artikel berupa pengalaman belajar di ITB yang ditulis oleh mahasiswa atau alumni.

Download Bulletin no 1, Tahun 3, Oktober 2010

Buletin Pembelajaran (Edisi 2)

Selamat berjumpa kembali, pembaca yang budiman.
Di tahun 2011 ini ,untuk pertama kalinya dua program studi ITB memperoleh akreditasi ABET. Kedua program studi tersebut adalah Teknik Elektro dan Teknik Kelautan. Diharapkan hasil ini akan mendorong lebih banyak lagi program studi ITB yang terakreditasi oleh lembaga akreditasi internasional. Dalam Buletin kali ini, Dr. Mervin Hutabarat, salah seorang anggota tim ABET Teknik Elektro membagikan pengalaman mereka dalam melakukan pengukuran outcome. Selain untuk keperluan akreditasi, pengukuran semacam ini penting untuk keperluan evaluasi kurikulum yang pada saat ini sedang berlangsung di ITB.

Pemanfaatan teknologi untuk keperluan pembelajaran tampaknya merupakan sebuah keniscayaan. Sebagai antisipasi, LP4 telah menyelenggarakan sebuah diskusi tentang blended learning. Laporan dari diskusi kami tampilkan dalam edisi ini. Akhirnya, Dr. Wono Setya Budhi membagikan pengalaman panjangnya dalam mengajar. Semoga bermanfaat.

Buletin mengundang pembaca untuk memberikan sumbangan tulisan. Naskah tulisan berisi gagasan dan pengalaman pembaca dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran dapat dikirimkan melalui e-mail ke alamat fitri@pusat.itb.ac.id. Redaksi juga akan sangat menghargai artikel berupa pengalaman belajar di ITB yang ditulis oleh mahasiswa atau alumni.

Download Bulletin no 1, Tahun 4, Oktober 2011

Buletin Pembelajaran (Edisi 3)

Ketika berbicara tentang pendidikan, atau lebih sempit lagi: pengajaran, kita perlu mencermati berbagai perubahan besar yang telah terjadi sebagai buah perkembangan teknologi infomasi dan komunikasi. Dua puluh tahunan yang lalu, komunikasi antara dosen dan mahasiswa sangat terbatas bila dibandingkan dengan saat ini. Ketika itu, hanya bertemu tatap muka atau, kalau sang mahasiswa cukup punya keberanian, dengan telepon. Sangat jarang mahasiswa, atau bahkan dosen yang berkomunikasi dengan e-mail. Sekarang, peluang komunikasi itu jauh lebih terbuka. Dalam edisi ini, Mikrajuddin Abdullah berbagi pengalaman menggunakan media sosial, Facebook dalam hal ini, sebagai media pembelajaran.
Seperti juga Mikrajuddin Abdullah, Rinaldi Munir mengharapkan dosen lebih terbuka dalam memanfaatkan berbagai peluang yang mendukung pembelajaran. Tulisan Rinaldi Munir merupakan refleksi pengalaman beliau yang mengantarkan kepada penghargaan sebagai salah seorang dosen berprestasi dalam pengajaran.
Dengan dimulainya tahun akademik 2013/2014, dimulai pulalah pemberlakuan Kurikulum ITB 2013. Di antara sejumlah perubahan yang diusung Kurikulum ITB 2013 adalah diadakannya matakuliah Pengantar Rekayasa dan Desain (PRD) di tahun pertama program sarjana. Matakuliah ini menggantikan matakuliah-matakuliah Konsep Pengembangan Ilmu Pengetahuan (KPIP) serta Sistem dan Alam Semesta (SAS). Untuk mengenal lebih dekat matakuliah baru ini, edisi kali ini melaporkan hasil workshop yang diselenggarakan dalam rangka persiapan penyelenggaraan matakuliah PRD ini.

Ketika berbicara tentang pendidikan, atau lebih sempit lagi: pengajaran, kita perlu mencermati berbagai perubahan besar yang telah terjadi sebagai buah perkembangan teknologi infomasi dan komunikasi. Dua puluh tahunan yang lalu, komunikasi antara dosen dan mahasiswa sangat terbatas bila dibandingkan dengan saat ini. Ketika itu, hanya bertemu tatap muka atau, kalau sang mahasiswa cukup punya keberanian, dengan telepon. Sangat jarang mahasiswa, atau bahkan dosen yang berkomunikasi dengan e-mail. Sekarang, peluang komunikasi itu jauh lebih terbuka. Dalam edisi ini, Mikrajuddin Abdullah berbagi pengalaman menggunakan media sosial, Facebook dalam hal ini, sebagai media pembelajaran.

Seperti juga Mikrajuddin Abdullah, Rinaldi Munir mengharapkan dosen lebih terbuka dalam memanfaatkan berbagai peluang yang mendukung pembelajaran. Tulisan Rinaldi Munir merupakan refleksi pengalaman beliau yang mengantarkan kepada penghargaan sebagai salah seorang dosen berprestasi dalam pengajaran.

Dengan dimulainya tahun akademik 2013/2014, dimulai pulalah pemberlakuan Kurikulum ITB 2013. Di antara sejumlah perubahan yang diusung Kurikulum ITB 2013 adalah diadakannya matakuliah Pengantar Rekayasa dan Desain (PRD) di tahun pertama program sarjana. Matakuliah ini menggantikan matakuliah-matakuliah Konsep Pengembangan Ilmu Pengetahuan (KPIP) serta Sistem dan Alam Semesta (SAS). Untuk mengenal lebih dekat matakuliah baru ini, edisi kali ini melaporkan hasil workshop yang diselenggarakan dalam rangka persiapan penyelenggaraan matakuliah PRD ini.

Download Bulletin no. 3, September 2013



Notice: Undefined index: footer_ad_hide in /var/cpanel_user/home/lp4itb/public_html/wp-content/themes/wp-itb/footer.php on line 26

Notice: Undefined index: footer_ad in /var/cpanel_user/home/lp4itb/public_html/wp-content/themes/wp-itb/footer.php on line 27

Notice: Undefined index: spotlight_duration in /var/cpanel_user/home/lp4itb/public_html/wp-content/themes/wp-itb/footer.php on line 29

Notice: Undefined index: latest_speed in /var/cpanel_user/home/lp4itb/public_html/wp-content/themes/wp-itb/footer.php on line 30

Notice: Undefined variable: oswc_share_pinterest_show in /var/cpanel_user/home/lp4itb/public_html/wp-content/themes/wp-itb/footer.php on line 199